Menu

Monday, May 13, 2013

Panduan Jalan jalan ke Teluk Kiluan

Kiluan, nama sebuah teluk kecil di Desa Kiluan Negeri Kabupaten Tanggamas, Lampung, ini belakangan makin ramai dikenal orang. Di laut dekat Kiluan inilah anda bisa menikmati tarian indah lumba-lumba lucu selain di Lovina, Bali. Malah, banyak yang mengatakan, Lumba-lumba bermulut tutup botol di Kiluan lebih banyak dibanding di Bali. Lumba-lumba Kiluan dikenal juga sebagai habitat terbanyak bukan cuma di Indonesia dan Asia, tapi katanya dunia, Wow. Nah, sebagai anak negeri, terutama yang lokasinya nggak jauh dari Lampung, yuk coba petualangan seru ke Pantai Lovina. Atur perjalanan anda dari sekarang. 
- Perjalanan menuju Kiluan
Tak ada keindahan tanpa perjuangan, mungkin itulah yang bisa digambarkan soal perjalanan menuju Kiluan, apalagi beberapa tahun ke belakang. Kabar gembiranya, Kiluan saat ini sedang berbenah baik dari jalan menuju teluk tersebut maupun fasilitas di dalamnya.
Cara menuju Kiluan dari Jakarta dan sekitarnya adalah dengan menyebrang Selat Sunda dari Pelabuhan Merak menuju Bakaheuni di Lampung. Untuk mobil mini bus seperti Avanza, Xenia, dan lain-lain biaya
penyebrngan satu mobil sekitar Rp 235.000. Anda bisa menyebrang selama 2 hinga 4 jam tergantung pada cuaca dan juga kapal yang anda naiki. 
Nah, setelah menyebrang ke Bakaheuni, anda bisa menuju Bandar Lampung dan juga ke Desa Kiluan ini. Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Kiluan adalah sekitar 6 jam, cukup lama, dan tentunya cukup berat. sekitar 30-an kilometer sebelum sampai di Kiluan, anda akan melewati perjalanan yang lebih berat. Bebatuan dan juga jalan serta jembatan yang rusak akan anda jumpai. Dari sana, anda benar-benar harus berhati-hati.
Tapi jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa menggunakan kendaraan umum menuju ke sana, dalam artian, anda bisa menyewa mobil dari Lampung. Nah, pastikan anda menyewa lengkap dengan sopirnya dan mau mengantar anda sampai tujuan, Kiluan. 
- Penginapan
Berkunjung ke Teluk Kiluan ini lebih tepatnya dikatakan sebagai petualangan. Dimulai dari perjalanan yang benar-benar menantang, hingga sampai ke penginapan. Jangan pernah membayangkan sesuatu yang mewah tentang penginapan di Teluk Kiluan ini. Di sini, semua serba menyatu dengan alam. Kalaupun ada, adalah cottage yang dibangun dan dengan fasilitas yang sederhana.
13530025741577568005.jpg
Jadi, penginapan di Kiluan bisa anda pilih beberapa. Cottage atau penginapan berbentuk rumah panggung yang bisa anda sewa baik yang kamar mandinya di dalam atau ppun di luar sekitar Rp 100 hingga Rp 300.000. Yang lebih sering digunakan adalah menginap di rumah-rumah warga setempat dengan tarif Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Ada juga pilihan untuk camping dengan tenda sebagai pilihan akomodasi. Jika ingin benar-benar menyatu dengan alam, coba saja mendirikan tenda di sana. 
- Makan
Untuk sarapan, makan siang, atau makan malam anda bisa meminta tolong pada pemilik rumah untuk menyediakannya untuk anda. Sudah menjadi hal yang lumrah jadi tak perlu khawatir. Harga makannya sekitar Rp 15.000 per orang dan tentunya anda bisa mengenyangkan perut anda. 
Perlu catatan, di Kiluan ini tidak ada warung, jadi buat cemilan dibawa saja dari rumah. Bahkan, sebaiknya persiapkan makanan yang mengenyangkan juga saat anda menuju Kiluan ini. Perjalanan jauh dan juga sepi akan membuat perjalanan anda melelahkan. lapar tentunya.
- MCK
Masih banyak yang belum menyediakan kamar mandi di dalam, tapi bukan berarti tidak ada kamar mandi atau toilet. Jadi tak perlu mengkhawatirkan ini. 
- Aktivitas
1. Melihat Lumba-lumba
Ya, datang ke Kiluan tentu saja untuk menikmati tarian lincah dan lucu para lumba-lumba. Untuk melihat lumba-lumba, anda bisa naik sebuah kapal tradisional yang disebut dengan jukung. Jukung ini berbentuk panjang dan di kedua ujungnya meruncing seperti pisang. Sisi kanan dan kirinya ada kayu untuk menjaga keseimbangan. Satu jukung bisa digunakan untuk maksimal 4 orang, yang terdiri atas 3 penumpang dengan 1 tukang perahu sekaligus pemandu anda.
FILE0648.jpg
Nah, jika anda datang lebih dari 3 orang, anda hanya tinggal membaginya. Satu jukung bisa disewa Rp 250.000. Untuk melihat lumba-lumba ini, anda perlu berlayar menuju tengah lautan, karena lumba-lumba tidak akan keluar di perairan yang dangkal. Lama perjalanannya sekitar 30 menit maksimal. Selama itu, anda akan bergantung pada cuaca. Ombak akan mengombang-ambing anda dan tentu saja anda akan basah. 
Sewa pelampung demi keselamatan anda. Sewa pelampung skeitar Rp 15.000 per pelampung. Perjuangan anda untuk bertemu dengan lumba-lumba belum selesai tentunya. Setelah terombang-ambing dan berjuang dengan ombak hingga ke tengah lautan, anda pun harus menunggu apalagi jika tidak beruntung. Berdoa agar si lumba-lumba akan keluar dan meliuk-liuk indah ke atas permukaan. Atur strategi agar anda bis memotret momen berharga tersebut.
Lumba-lumba yang muncul juga bervasiasi. Ada yang bisa bergerombolan tapi ada juga yang kurang beruntung hingga hanya bisa melihat sekitar 5 ekor saja. Di tengah lautan juga ada pemandangan lain jika sedang ramai. Sejumlah jukung berwwarna-warni yang sedang menunggu lumba-lumba juga menarik untuk diabadikan.
2. Pulau Kelapa
Puas melihat atraksi lumba-lumba, anda bisa mampir ke Pulau Kelapa. Pulau kecil ini adalah tujuan favorit lain jika anda berada di Kiluan. Tentu saja, karena pemandangannya yang sangat indah dan menakjubkan.
414.jpg
Pulau Kelapa ini memiliki pantai dengan pasir putih, air yang jernih, dan juga tentunya langit biru yang menghampar luas. sebuah lukisan yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Banyak sisi menarik dari pulau kelapa ini mulai dari pantai, karangm hingga keindahan bawah lautnya.
Di Pulau Kelapa ini anda bisa menikmati keindahan bawah laut seperti snorkeling dan bahkan diving. Kekayaan laut yang sangat menarik dan tentu anda akan terkagum-kagum. Bukan cuma keindahan bawah laut, menikmati sunset di Pulau Kelapa adalah momen yang sayang dilewatkan. Ombak di pulau kelapa bagian barat cukup besar, tapi tentu masih cukup aman jika anda ingin menikmati sunset.
Jika di bagian utara dan barat ada spot snorkeling dan diving serta tempat sunset terbaik, di bagian timur adalah tempat anda berenang. Bermain air di pantai yang masih belum banyak dikunjungi seperti ini adalah aktivitas yang memanjakan. Bermain di tepi pantai adalah aktivitas menarik di sini. 
- Laguna
Lagoon atau laguna dan karang-karang yang kokoh sayang untuk tidak dikunjungi. Anda bisa berjalan ditemani pemandu untuk sampai ke Lagoon ini. Namanya adalah Lagoon Gayau atau dalam bahasa penduduk setempat adalah Pisang hutan. 
Bukit karang yang terjal adalah keindahan yang tak terlupakan. Di bawahnya ada sebuah laguna yang sangat cantik. Siapapun akan tergoda untuk menceburkan diri ke dalamnya. Tapi cukup menikmati dari atas bukit karang dan menikmati pemandangan di sekitar pun tak kalah serunya.
- Malam di Kiluan
Sempat terdengar kabar akan masuknya listrik di Kiluan. Tapi terlepas dari kabar tersebut, Kiluan masih sangat alami. Jika malam cerah, anda bisa duduk di dermaga atau di sekitar tenda atau penginapan dengan beratapkan langit yang pekat namun bertabur bintang. Deburan ombak dan angin laut akan menambah kesyahduan malam anda di Kiluan. Suara-suara binatang pun akan beriringan menemani malam anda di Kiluan.
Desa Kiluan ini termasuk yang multi kultur. Di sekitar sini, anda akan menemukan sejumlah pura karena penduduk kiluan berasal dari Sunda, Lampung, Bali, dan sebagainya.
Tips ke Teluk Kiluan 
Sekarang mari kita bahas tentang beberapa tips yang perlu diperhatikan agar berwisata ke Teluk Kiluan jadi lebih nyaman dan tentunya menyenangkan.
1. Datang saat pagi hari
Nah, kalau mau lihat lumba-lumba menari dengan lincah, sebaiknya pagi hari. Lumba-lumba di Pantai Kiluan ini biasanya ramai di pagi hari. Jadi, atur itinerary perjalanan anda agar bisa sampai ke tengah laut di pagi hari. Biasanya anda akan pagi-pagi sudah diajak pergi oleh pengantar anda.
2. Datang saat musim panas
Tentu saja, wisata ke pantai saat musim hujan akan tidak maksimal rasanya. Perhatikan cuaca ketika anda ingin datang mengunjungi lumba-lumba di Pantai Kiluan. Musim panas adalah waktu yang tepat untuk melihat lumba-lumba. Saat musim panas, ombak tidak terlalu tinggi dan saat itulah lumba-lumba akan muncul ke permukaan. Rencanakan perjalanan anda sekitar bulan Mei hingga Agustus. Anda akan kurang beruntung jika datang di musim hujan, apalagi jika mendung, berkabut, dan ombak yang tinggi-tinggi. Rasanya akan lebih menantang.
3. Bawa bekal makanan yang cukup
Bukan berarti di Teluk Kiluan ini tak ada makanan. Tapi, memamg sulit untuk menikmati makanan cemilan. Jadi, jika anda ingin mengisi acara camping anda, bawa perbekalan makanan yang cukup. Di sini anda hanya bisa menemukan sejumlah makanan berat. Anda bisa meminta dibuatkan pada pemilik rumah yang anda tempati atau penduduk sekitar sekaligus membeli hasil laut yang mereka jala.
4. Bawa air mineral yang cukup
Di sana, bukan cuma makanan ringan yang jarang, tapi juga masih sulit ditemukan air mineral. Kalau mau ke Teluk Kiluan, ada baiknya jika anda bawa air mineral, terutama minum sendiri. Lebih baik persiapan, bukan? 
Ada juga cerita dari beberapa orang yang mengatakan masih sulit mendapatkan air bersih di sini untuk mandi. Oleh karenanya, anda diminta untuk menghemat pemakaian air saat berada di Teluk Kiluan. Jangan menyia-nyiakan air begitu saja. Manfaatkan sebaik-baiknya dan jangan dibuang-buang.
5. Bawa powerbank
Saat ke Teluk Kiluan, anda akan diajak tinggal di pedesaan yang masih alami, bahkan belum tersentuh aliran listrik, walaupun katanya sudah mau dipasang akhir tahun lalu. Untuk itu, anda sebaiknya persiapan dengan membawa power bank untuk peralatan gadget anda.
sedangkan menurut pantauan, operator selular yang setidaknya bisa anda dapatkan jaringannya di sekitar Teluk Kiluan adalah Telkomsel. Jadi mungkin ada baiknya, anda yang tidak menggunakan telkomsel membawa kartu operator selular ini untuk jaga-jaga. Kecuali jika anda memang ingin fokus berlibur. Tinggalkan sejenak seluruh aktivitas anda di luar dan benar-benar menikmati liburan anda tanpa gadget di Teluk Kiluan.
6. Persiapkan kondisi kendaraan jika anda datang dengan kendaraan pribadi
Menuju Desa Kiluan Negeri akan cukup menantang. Aksesnya belum terlalu bagus bahkan masih tergolong rusak. Anda butuh kondisi mobil yang fit termasuk juga sopir yang handal. Tidak disarankan untuk membawa mobil berjenis sedan karena akan sulit melewati jalanan rusak di sini.
7. Jika anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum
Untuk anda yang ingin menggunakan kendaraan umum, maka anda bisa menyewa mobil lengkap dengan sopirnya. Yang perlu diperhatikan di sini adalah ketika anda ingin menyewa, tanyakan detil rincian harga apakah harga yang mereka tawarkan sudah termasuk bensin, sopir, dan lain-lain. Sebelumnya, pastikan juga anda mengatakan tujuan anda untuk sampai ke Teluk Kiluan, karena ada sejumlah penyedia sewa yang tidak mau sampai ke sana. Jadi, tanyakan terlebih dahulu. Begitu juga dengan ojek, anda harus pastikan harga dan tujuan akhir anda.
8. Bawa peralatan berikut ini:
Jalan-jalan ke pantai seperti kiluan anda akan lebih sering bermain di air. Untuk itu, ada baiknya anda perhatikan barang-barang kecil berikut ini. Semoga bisa berguna:
- Plastik kedap air, ada plastik yang bisa menutup rapat. Ini untuk jaga-jaga menyimpan barang-barang gadget atau lainnya yang anda bawa. Agar anda bermain dengan nyaman, sebaiknya anda bawa plastik tersebut. Tentu tidak berat hanya membawa plastik beberapa saja.
- Kamera. Perhatikan kamera anda. akan banyak cipratan air atau bahkan anda bisa membawa kamera yang memang diperuntukkan untuk bawah air sehingga lebih aman dan tentu saja saat snorkeling dan diving akan sangat berguna. Lensa tele juga bisa jadi opsi untuk mengambil angle dan momen terbaik dari lumba-lumba.
- Lotion anti nyamuk. Untuk tinggal di desa kecil seperti di Kiluan ini, anda akan bersahabat dengan alam terbuka. Persiapkan saja lotion anti nyamuk agar tidur anda lebih nyenyak dan juga pulas. 
- Obat-obatan pribadi. Siapkan obat-obatan pribadi anda terutama jika memang anda sedang mengidap suatu penyakit. 
- Tisu basah, walau berada di tempat yang basah, tapi lingkungan di sini masih sulit air bersih. Anda bisa membawa tisu basah untuk berjaga-jaga.
_ senter. Karena di sini masih sangat gelap saat malam datang, bawa senter agar ada penerangan. 
9. Perhatikan arahan dan petunjuk pemandu
Melihat atraksi indah dan lucu dari para lumba-lumba akan bergantung pada cuaca juga. Anda harus taat pada arahan pemandu wisata anda. Biasanya, jika tidak memungkinkan, pemandu akan menunda perjalanan anda. Misal terlalu kencang dan tinggi ombaknya, mendung, atau hujan. Jadi jangan sampai anda memaksakan diri saat pemandu mengatakan tidak.
10. Sampai di Kiluan jangan malam
Atur perjalanan anda dan usahakan sebaik mungkin anda sampai sebelum gelap. Tidak ada penerangan di jalan ditambah jalanan yang rusak akan menyiksa anda selama di perjalanan jika datang di malam hari. Jadi, pastikan anda sampai sebelum matahari terbenam.

Foto-foto Pemandangan Yang Disajikan Pantai Kiluan




 Lokasi Letak Pantai Kiluan

 

http://forum.jalan2.com/topic/5248-panduan-jalan-jalan-ke-teluk-kiluan/